Puluhan Pelajar Terjaring Razia Lalu Lintas

520 views

polisi menilang beberapa pelajar yang tidak memiliki surat-surat berkendara



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar membuat kekhawatiran tersendiri bagi polres Gunungkidul.Selasa (20/9), siang jajaran polres Gunungkidul menggelar razia di titik nol kilometer Wonosari, hasilnya puluhan pelajar terjaring razia.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Samiyono mengaku prihatin dengan banyaknya kecelakaan yang melibatkan pelajar.”Untuk itu kita lakukan operasi pada kesempatan kali ini,” katanya.

Dalam operasi yang dilangsungkan selama 2 jam, petugas berhasil menjaring puluhan pelajar yang tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi atau SIM dan atau tidak menggunakan helm ketika berkendara.”Puluhan pelajar ini kita kenakan sangsi tilang,’ jelasnya.

Samiyono mengungkapkan, selain memberikan sangsi tilang, petugas juga terpaksa mengamankan kendaraan bermotor milik pelajar dan diminta untuk mengambil kendaraan mereka bersama orang tua mereka.”Nantinya kita akan memberikan pemahaman kepada orang tua mengenai bahaya berkendara tanpa memiliki SIM,” ungkapnya.

Samiyono menerangkan, pihaknya meminta kepada seluruh orang tua agar mau menghantarkan anak mereka bersekolah guna menghindari kendaraan bermotor.”Kalau terjadi kecelakaan yang susah nanti juga orang tua,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang pelajar yang terjaring razia, Salwa menerangkan terpaksa menggunakan kendaraan bermotor dikarenakan tidak adanya angkutan umum yang melintas.”Rumah saya di kecamatan ROngkop mas tidak ada bus,” terangnya.

Dia mengaku, sudah bisa menggunakan kendaraan bermotor sejak 3 tahun lalu, saat itu dirinya diajari oleh orang tuanya untuk memakai motor.”Ini baru pengalaman pertama saya terjaring razia,” tutupnya.(Maya)

Related Post