Puluhan Petugas Pemilu Resmi Dilantik, Jika Tidak Netral Dikenakan Sanksi Pidana

201 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Puluhan petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) resmi dilantik, Rabu (2/1/2019) kemarin.

Pelantikan diselengarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul dan diharapkan mampu bekerja seprofesional mungkin.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan dalam proses rekrutmen dilakukan dengan profesional dan dalam proses wawancara bisa diandalkan. Selain itu setelah dilantik juga diberikan pembekalan kode etik hingga netralitas.

“Petugas PPS dan PPK harus netral jika nantinya ada yang menyalahgunakan tugasnya baik sebagai PPK maupun PPS bisa mendapat sanksi,” kata Hani, Rabu (2/1).

Dikatakan untuk penambahan jumlah PPK yang dilantik masing-masing Kecamatan bertambah dua, sehingga menjadi lima masing-masing Kecamatan, yang sebelumnya hanya tiga orang.

“Ada 36 PPK yang dilantik baru, dan seluruhnya menjadi 90 orang,” jelasnya.

Penambahan PPK menjadi lima orang dalam satu Kecamatan tersebut dikatakan Hani merupakan tidak lanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Diharapkan dengan jumlah petugas yang lebih banyak, tidak begitu berat tugas PPK.

“Kami harap dari petugas yang baru dilantik maupun yang lama mampu bekerja secara profesional,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU DIY, Wawan Budiyanto mengucapkan kegiatan pelantikan ini serentak dilakukan dengan Kabupaten dan Kota lainnya.

Hal tersebut dinilai penting untuk memperkuat jajaran penyelenggaran Pemilu, karena PPK juga memiliki peran yang strategis yang akan melakukan rekapitulasi dari masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Pelantikan dilakukan secara serentak,” tutupnya. (Heri)

Related Post