Puluhan Rumah Terbakar, Satu Orang Tewas Terbakar

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Wonosari, Diyono (Foto : Heri P)



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jumlah kasus kebakaran di Gunungkidul tergolong tinggi, dari bulan Junuari hingga Oktober 2016 ini mencapai 23 kasus. Dari sejumlah kasus tersebut, satu orang menjadi korban jiwa.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Wonosari, Diyono mengatakan, pada tahun ini pihaknya membantu penanganan kasus kebakaran di 23 lokasi. Kasus yang terjadi di rumah Wiryo Pawiro Warga Giring, Paliyan, menyebabkan kematian.

“Satu kasus itu terjadi bulan Januari lalu, satu orang meninggal terbakar beserta rumahnya di wilayah desa Giring, kecamatan Paliyan,” katanya ditemui wartawan, Rabu (19/10/2016 ).

Meski begitu, lanjut Diyono, kasus kebakaran yang terjadi tahun ini menurun dibanding tahun 2015 sebelummya, yang mencapai 33 kasus. “Kalau dari presantease menurun jumlah kasusnya. Tetapi ini kita masih menunggu hingga akhir tahun nanti, semoga dapat diminimalisir,” terangnya.

Menurut Diyono, dari sekian banyaknya kasus kebakaran di Gunungkidul, rata-rata terjadi pada rumah huni. Penyebabnya pun sebagian besar karena korsleting arus listrik. Berdasarkan data tersebut ia berharap kepada semua masyarakat agar dapat selalu waspada.

“Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui nomor untuk menghubungi pemadam. Selain itu, untuk sosialisipun masih sangat minim karena dari pihak Pemda yang menentukan hanya satu kali pertahun,” ujarnya.

Adanya sosialisasi tersebut, jelas Diyono, sangat penting dilakukan. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran yang terjadi tengah masyarakat. 

“Apabila terjadi kebakaran segera menghubungi di nomor (0274) 391-113. Jangan menunggu api membesar, sekecil api yang membakar segera menghubungi kami untuk mengantisipasi api yang menjalar,” tambahnya. (Heri)

kebakarandigunungkidul

Related Post