Puluhan Seniman Gunungkidul Bercerita Ditembok Sekolah

234 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dalam rangka mendukung hari lingkungan hidup dan mendukung lomba sekolah sehat nasional, SMK N 2 Wonosari mengadakan acara Mural Competition di lingkungan sekolah, Minggu (7/7/2019).

Dengan mengambil tema “Lingkungan Hidup”, kegiatan ini diikuti sebanyak 74 peserta. Semua peserta terbagi menjadi 45 kelompok baik individu, maupun beregu yang merupakan seniman-seniman muda Gunungkidul.

Ketua Panitia lomba, Ravi Ariyanda mengatakan bahwa kegiatan mural ini bertujuan salah satunya untuk menyalurkan bakat seniman muda agar lebih berkarya.

“Kegiatan ini untuk menyalurkan bakat seniman muda, juga untuk menguragi aksi vandalisme. Kita melibatkan seniman dari daerah maupun luar ada juga seniman disabilitas.” jelasnya kepada Gunungkidulpost.com.

Sementara itu, salah satu peserta mural asal Desa Kepek, Dayat menjelaskan seni mural merupakan penyaluran seni lukis bercerita dengan media tembok dan cat.

“Saya cukup senang dengan diadakan lomba mural seperti ini, karena dapat menyalurkan bakat seniman untuk berkarya.” ucapnya.

Dia berharap agar generasi muda dapat menyalurkan bakat seni yang lebih bermanfaat.

“Selain untuk mengurangi vandalisme yang sekarang marak terjadi, ini bisa menjadi penyaluran bakat para seniman untuk berkarya,” imbuhnya.

Terpisah, Asek Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setda Gunungkidul Asman Latif mengapresiasi kegiatan ini. Salah satu penyampaian bakat tanpa harus melakukan tindakan vandalisme perlu dilakukan. Hal itu guna mencegah aksi brutal vandalisme yang mencoreng keindahan kota.

“Melalui mural, seniman menyalurkan bakatnya itu yang harus didorong. Sehingga tidak liar seperti aksi corat-coret yang kerap terjadi disudut kota,” usap Asman.

Kedepan, event ini perlu adanya perhatian khusus supaya para seniman dapat mengembangkan bakat mereka didunia seni terutama seni lukis dan mural.

“Harus ada dorongan dari berbagai pihak untuk memajukan seni mural dan lukis ini. Untuk itu sangat kami dukung kedepan ada event lagi,” tutupnya. (Falentina)

Related Post