Puluhan Warga Deklarasikan Anti Kekerasan

435 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Puluhan Masyarakat di kabupaten Gunungkidul melaksanakan deklarasi anti kekerasan terhadap perempuan dan anak. Dengan deklarasi tersebut diharapkana angka kekerasan dapat ditekan.

Direktur Perkumpulan Keluarga Berencana Indoneaia (PKBI) Gunungkidul Tri Wahyu Ariningsih, mengatakan, deklarasi anti

kekerasan terhadap perempuan anak inio diikuti berbagai elemen yang berlangsung di Kantor pemkab Gunungkidul. Hal itu bertujuan untuk menekan angka kekerasan yang selama ini terjadi.

“Ini merupakan pencegahan untuk kekerasan terhadap perempuan dan anak di Gunungkidul,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (8/12/2016).

Pihaknya juga melakukan sinergi dengan berbagai pihak diantaranya dengan 12 sekolah dan enam desa yakni Girijati, Giritirto, Giriasih. Wunung, Pulutan, dan siraman. Menurutnya, dengan pendampingan yang dilakukan PKBI sudah menunjukkan progres positif diantaranya adanya penuruanan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di desa yang didampingi.

“Semua sudah melakukan deklarasi dan kita juga melakukan pendampingan di 12 sekolah dan enam desa,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Gunungkidul Rumiyati Astuti

mengaku, kasus kekerasan perempuan dan anak tahun 2016 merupakan tertinggi sejak beberapa tahun terakhir. Sampai bulan November sudah ada 67
kasus. Angka ini meningkat dari tahun 2015 lalu yang hanya mencapai 44 kasus. 

“Dari 67 kasus Ada 12 kasus yang sampai ke jalur hukum,” paparnya. (Bayu)

Related Post