Puluhan Warga Masih Mengungsi Di Balai Padukuhan

image

Foto: istimewa

Gunungkidulpost.com – Ngawen – Sebanyak 28 kepala keluarga di Padukuhan Jentir, Sambirejo, Ngawen, mengungsi ke balai dusun setempat setelah bukit Gunung Buthak ambrol.

Kepala Desa Sambirejo Yuliasih Dwi Martini mengatakan, kondisi terakhir saat ini puluhan warga masih berada dipengungsian. Menurutnya, selama ini Tim Penanggulangan Resiko Bencana (PRB) dan Tim Penanggualngan Bencaana (PB) Desa Sambirejo telah bekerja untuk mendampingi korban di pengungsian.

“Semua warga yang mengungsi masih dalam kondisi yang sehat dan telah lakukan pendampingan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (8/3/2017).

Yuliasih mengaku, puluhan warga tersebut masih akan berada di pengungsian hingga pemerintah daerah menetapkan status menjadi status aman.
“Kami munggung sampai kndisinya benar-benar stabil. Warga yang mengungsi di balai dusun didominasi anak-anak dan ibu-ibu, sisanya ada yang tinggal bersama saudara mereka,” kata

Menurutnya, warga yang mengungsi terdiri dari warga RT 01/RW 06 sebanyak satu kepala keluarga (KK), warga RT 02/RW 06 sebanyak 14 KK atau 42 orang, dan warga RT 05/RW 06 sebanyak 13 KK atau 40 orang.
Ia mengatakan warga mengungsi setelah terjadi hujan deras pada Minggu (5/3) untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Pemerintah desa mengimbau waega untuk sementara pindah ke lokasi yang lebih aman.

“Kami siapkan lokasi pengungsian sampai kondisi benar-benar aman, kasihan warga jika harus was-was,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Sutaryono mengatakan sudah mengirimkan berbagai kebutuhan masyarakat selama di pengungsian.

“Kami sudah kirimkan bantuan permakanan maupun kebutuhan lainnya,” katanya.

Ia mengatakam dapur umum sudah disiapkan desa sehingga untuk kebutuhan pengungsi sudah siap.

“Selain dari kami, bantuan masyarakat luar biasa, bantuan dari mana-mana sudah datang pascakejadian,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post