Puluhan Warga Semin Bacakan Ikrar Penting

image

Foto: Istimewa

Gunungkidulpost.com – Semin – Pemerintah kecamatan, desa, sekolah dan TNI/Polri, mendeklarasikan Satgas “Tigo Matur Setunggal Mabrur” yang berlangsung di pendopo Kecamatan Semin, Rabu (26/7/2017).

Ikrar Trigo Matur Setunggal Mabrur yang diucapkan memiliki 3 peran dan fungsi.

Pertama sebagai tauladan bagi masyarakat dalam kehidupan berumah tangga dan bermasyarakat. Kedua, berusaha maksimal untuk mengendalikan dan menurunkan kasus perceraian, perkawinan usia anak dan kasus bunuh diri. Ketiga, memberikan bimbingan dan menggerakan masyarakat untuk sadar dalam budaya dan pola hidup bersih dan sehat.

Kepala KUA Semin, Yosep Muniri mengatakan, deklarasi memiliki tujuan untuk mewujudkan masyarakat Gunungkidul. Melalui ikrar yang diucapkan oleh pejabat di lingkup Kecamatan Semin serta ulama serta tokoh masyarakat, mereka akan menjadi figur contoh dan teladan bagi masyarakat.

“Kedepan masyarakat dapat menjalankan agamanya secara sungguh-sungguh, cerdas, rukun, sejahtera lahir dan batin dalam kehidupannya,“ katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Menurut dia, data kasus perceraian yang masuk di KUA Semin hingga tahun 2017 mengalami peningkatan. Kasus perkawinan usia anak tercatat Januari sampai bulan Juli 2017 sudah ada 3 kasus dan beberapa kasus masih dalam proses di Pengadilan Agama untuk keputusannya, terakhir kasus bunuh diri di Semin tahun 2017 tercatat ada 2 kasus.

“Menyikapi kasus-kasus ini jajaran pemerintah, TNI, Polri, Kemenag dan tokoh masyarakat bermusyawarah untuk mengambil langkah-langkah dalam rangka melakukan pencegahan terjadi kasus serupa,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah menyambut baik langkah-langkah yang telah diambil oleh jajaran pemerintah Kecamatan Semin bersama KUA Semin yang didukung unsur TNI dan Polri dalam rangka untuk mencegah kasus-kasus perceraian, perkawinan serta kasus lain tidak terjadi di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

“Harapan kami kegiatan ini dapat tercapai dan Kecamatan Semin menjadi contoh bagi wilayah lain di Gunungkidul,” pungkas Badingah. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post