Puluhan Warga Tuntut Kebijakan PT.WMU

121 views

Gunungkidulpost.com – Semanu – Puluhan warga Dusun Tonggor, Desa Pacarejo, Semanu menggelar aksi dan menyampaikan aspirasi.

Dalam aksinya, mereka menuntut PT WMU atau peternakan raksasa di padukuhan Tonggor, untuk segera mengngkat tenaga kerja khususnya mereka yang menangani proyek. Pasalnya selama beberapa bulan ini masyarakat setempat tidak dipekerjakan.

Mereka menilai masyarakat padukuhan Tonggor tidak dipekerjakan sesuai dengan kesepakatan yang ada. Justru mayoritas pekerja berasal dari luar warga Tonggor. Tentu hal itu menjadi sebuah kecemburuan, di mana masyarakat setempat hanya sebagai penonton padahal yang memiliki wilayah.

“Sebagian besar pekerja proyek diambil dari luar sini. Padahal penduduk pribumi juga banyak tetapi tak terpakai,” kata Ginawan, salah seorang warga Tonggor.

Sementara itu, Wardoyo selaku tokoh masyarakat setempat mengaku, ia merasa kurang nyaman dengan sistem yang berlaku ini. Ia bersama puluhan warga sekitar lantas mengambil inisiatif penyampaian aspirasi itu di jalanan.

“Masyarakat saya hanya sebagai penonton, dan ini menjadi kecemburuan. Jalan terbaiklah yang harus ditekankan sehingga penduduk pribumi juga dipakai,” kata Wardoyo.

Terpisah, Salah seorang petinggi PT WMU, Iwan mengatakan akan segera menindaklanjuti masukan ini. Pihaknya akan memanggil empat mandor untuk menjelaskan kondisi yang ada di lapangan, sehingga dapat ditemui titik terang permasalahan ini.

“Semua akan kami kondisikan, bagaimana baiknya. Dan akan kami jelaskan ke masyarakat yang membutuhkan penjelasan detail,” tutupnya. (Bayu)

Related Post