Puncak Peringatan Hari Koperasi, Bagini Harapan Bupati

image

Upacara Perngatan Hari Koperasi. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Upacara puncak acara peringatan hari koprasi yang ke -70 tahun 2017 di gelar pada Kamis, (20/7/2017) di Alun- alun Pemerintah Daerah Gunungkidul.

Selain upacara juga terdapat beberapa rangkaian acara dari sarasehan, pameran hingga pertunjukan hiburan yang sudah dimulai sejak Senin,(10/7/2017) lalu.

Hadir dalam upacara peringatan Harkop kali ini Badingah, Bupati Gunungkidul beserta jajaran Pemkab  Gununungkidul, para penggerak, penggiat, pelaku dan para insan koprasi yang ada di Gunungkidul.

Badingah selaku wakil dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan bahwa peringatan Harkop ke -70 tahun 2017 ini adalah dalam rangka mewujudkan misinya yaitu, berperan nyata dalam menyusun perekonomian berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi yang mengutamakan kemakmuran masyarakat dan bukan perseorangan.

“Harapan saya koprasi yang ada di DIY dapat terus berusaha mengembangkan dan memberdayakan diri agar tumbuh menjadi kuat dan mandiri sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat pada umumnya,” jelas Badingah.

Lebih lanjut Badingah menuturkan, koprasi harus berusaha berperan nyata untuk mengembangkan dan memberdayakan tata ekonomi daerah yang berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi dalam rangka mewujudkan masyarakat sejahtera.

Menurut Badingah, semua harus ditingkatkan yakni, prinsip koprasi, status badan hukum, permodalan, kepengurusan, kegiatan usahanya serta peranan stakeholders terkait termasuk peran Pemda.

“Dalam koprasi harus tertanam nilai kebersamaan, kesetia kawanan dan kejujuran dalam berekonomi sebagai dasar untuk mewujudkan kehidupan perekonomian daerah yang mampu bersaing dalam era global,” ujarnya.

Badingah menghimbau, untuk para anggota koprasi, harus berkemauan dan sepakat secara bersama-sama menggunakan jasa koprasi untuk memenuhi kebutuhannya dan mempromosikan koprasi sehingga menjadi kuat, sehat, mandiri dan besar.

“Semoga koprasi dapat terus maju dan berkembang sesuai perkembangan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post