PVMBG Lakukan Penelitian Di Pantai Selatan

215 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di dampingi Tim SAR Pantai Baron mengadakan penelitian di Pantai Kukup, Krakal dan Sepanjang yang ada di Kecamatan Tanjungsari, Jumat (9/3/2018) kemarin.

Imun Maemunah,S.T,M.Si, Kepala tim penelitian menyampaikan, penelitian akan dilakukan selama tiga hari, dari tanggal 9 sampai 11 Maret 2018 besok. Penelitian dilakukan untuk mengetahui potensi bahaya tsunami di wilayah Pantai Selatan Jawa.

“Tim melakukan penelitian dengan mencari bukti melalui endapan yang ditinggalkan pada saat tsunami dimasa lampau. Dari petunjuk tim SAR Pantai Baron kami ambil sample di tiga lokasi,” jelasnya.

Endapan yang diambil adalah sisa dari tsunami dimasa lalu yang ditinggalkan oleh gelombang tsunami pada saat mencapai daratan dan tidak lagi terbawa ke laut, serta masih terpelihara kondisinya sampai sekarang. Jika ditemukan endapan tsunami dibeberapa tempat pada lokasi penyelidikan, maka dapat dipetakan luas penyebaran endapan tsunami tersebut sehingga diperoleh gambaran seberapa jauh gelombang tsunami yang pernah melanda daerah tersebut. Endapan tsunami yang dijumpai dapat dianalisis melalui proses dating untuk ditentukan umur endapannya.

“Dengan proses dating tersebut dapat diperkirakan waktu terjadinya tsunami tersebut,” tambahnya.

Maemunah memaparkan, jika dijumpai beberapa endapan tsunami dengan periode yang berbeda maka dapat dijadikan informasi periode ulang terjadinya tsunami di daerah tersebut.

Selain itu, penelitian ini bisa untuk mengetahui keberadaan dan penyebaran endapan tsunami di seluruh Indonesia, sebagai bahan masukan bagi katalog tsunami dan pembuatan peta kawasan rawan bencana tsunami di seluruh Indonesia.

“Sample endapan yang di ambil akan kami kaji besarnya butiran endapan tsunami dan indentifikasi kandungan fosil,” tutup dia. (Heri)

Related Post