Raih Adiwiyata, SMP Negeri 1 Ponjong Punya Hutan Baru

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi Saat Hadiri Gerakan Menanam Serentak. (Foto: Bayu)



Gunungkidulpost.com – Ponjong – Guna meningkatkan predikat sebagai sekolah Adiwiyata, SMP Negeri 1 Ponjong menggelar gerakan menanam pohon serentak yang dikemas dalam konsep hutan sekolah.

Kepala Sekolah SMP N 1 Ponjong, Pratjaja mengatakan, gerakan menanam pohon secara serentak ini diikuti oleh 572 siswa, puluhan guru dan karyawan di lingkup SMP N 1 Ponjong. Penyandang predikat sebagai sekolah Adiwiyata inilah yang mmendorong didirikannya hutan sekolah.

“Tujuan dibangunnya hutan sekolah ini selain untuk memberikan pembelajaran gerakan menanam juga untuk mempertahankan predikat sebagai sekolah Adiwiyata,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Sabtu (21/1/2017).

Dia menuturkan, pembukaan hutan sekolah ini didirikan diatas lahan seluas 3.200 meter. Menurutnya, gerakan menanam tersebut diharapkan dapat menyelamatkan bumi dan mendukung program langit biru dan lingkungan yang kondusif bagi kelestarian lingkungan.
“Jenis pohon yang ditanam yakni sengon, jabun, dan gaharu. Harapan kami dengan gerakan ini dapat membantu menyelamatkan bumi yang hampir punah dengan adanya penebangan pohon yang marak terjadi,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan, pemerintah kabupaten Gunungkidul terus mendorong perkembangan sekolah yang meraih presikat Adiwiyata. Pihanya pun berharap, dengan didirikannya hutan sekolah ini dapat menjadi pembelajaran bagi siswa untuk lebih mengenal akan pentingnya melestarikan tumbuhan.

“Ini trobosan baru untuk memberikan pembelajaran gerakan menanam kepada seluruh siswa. Semoga dengan program sekolah ini dapat meraih hasil yang lebih baik,” ucap Immawan. (Bayu)

Related Post