Ramadhan Volume Sampah Di Gunungkidul Naik

image

Foto: Doc Gunungkidulpost.com

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Selama bulan Ramadan, volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sementara (TPAS) Wukirsari, Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari meningkat.

Petugas pendataan sampah di TPAS Wukirsari, Rusdiyanto mengatakan volume sampah di TPAS meningkat saat puasa. Dari yang biasanya rata-rata 130 meter kubik per hari, kini menkadi 140 meter kubik per hari.

Kenaikan volume sampah rata-rata sebasar 10 meter kubik per hari. Saat puasa, aktivitas memasak setiap rumah tangga menjadi meningkat dan menghasilkan sampah yang cukup signifikan jumlahnya.

“Ini kebanyakan memang sampah rumah tangga yang terdiri sari plastik ataupun makanan. Itu  karena saat puasa ini kan aktivitas memasak meningkat,” ucapnya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (22/6/2017).

Dia memprediksi volume sampah dipastikan kembali meningkat pada saat Lebaran. Berkaca dari tahun lalu peningkatan volume sampah pada saat lebaran hingga H+7 meningkat hingga 50%.

”Kalau yang biasanya satu armada cuma satu kali mengakut sampah, tapi kalau lebaran bisa sampai tiga kali,” tegasnya.

Untuk itu pihak TPAS melakukan antisipasi agar tidak ada penumpukan sampah saat Lebaran dengan menambah armada pengangkut sampah. Para petugas kata dia juga tidak akan  libur pada saat hari Lebaran.

“Biasanya petugas setelah selesai salat Ied langsung berangkat mengangkut sampah,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post