Rampas Tas Wisatawan, Dua Pemuda Dicokok Polisi

164 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dua orang pemuda ditangkap oleh jajaran Kepolisian resort Gunungkidul, lantaran melakukan aksi perampasan terhadap wisatawan di wilayah kecamatan Tanjungsari, Minggu (31/12/2017) lalu.

Informasi yang dihimpun Gunungkidulpost.com, dua orang pelaku tersebut adalah FD (17) dan RH (18), warga Mlati, Kabupaten Sleman.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady mengatakan, pihaknya menetapkan dua orang pelajar sebuah SMA di Yogyakarta sebagai tersangka kasus pencurian dengan kekerasan yang dilakukan kepada wisatawan.

“Untuk RH dilakukan penahanan karena sudah berstatus dewasa sedangkan Fd tidak ditahan karena memang masih di bawah umur,” katanya kepada wartawan, Selasa (2/1/2018).

Kedua pelaku bersama dua orang lainnya berpapasan dengan wisatawan asal Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Keduanya lantas merampas tas berisi uang Rp 600.000 dan 2 helm yang dirampas dari para wisatawan. Korban berteriak dan para pelaku berhasil diamankan di Padukuhan Temuireng, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang.

“Dari empat orang, dua ditetapkan tersangka,” ungkapnya.

Keduanya dijerat dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. Dari tangan pelaku diamankan tas, uang tunai dan helm hasil kejahatan.

Ahmad mengatakan, tindakan tegas ini diharapkan memberikan efek jera terhadap para pelaku.

“Kami menghimbau kepada sekolah, guru agar mencegah siswanya membentuk kelompok. Karena hal dengan pembentukan kelompok pasti akan timbul kegiatan yang negatif,” bebernya. (Heri)

Related Post