Ratmanto Mengais Rejeki Dengan Kulit Sapi

295 views

Gunungkidulpost.com – Paliyan – Apapun usahanya jika dikelola dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Seperti yang dilakukan Ratmanto, pengusaha kerupuk rambak di Desa Sodo, Kecamatan Paliyan.

Dengan bahan baku kulit sapi segar, Ratmanto menyulapnya menjadi kerupuk rambak dengan omset 1 juta dalam sekali produksi.

Usaha yang dirintis sejak tahun 2013 ini, kini sanggup mencukupi permintaan pembeli baik di wilayah Gunungkidul maupun Kota Solo, Jawa Tengah.

“Bahan baku kami peroleh dari pedagang yang menyetorkan ke kami setiap 3 sampai 4 hari,” kata Suratman, Sabtu, (16/2/2019).

Kulit sapi segar tersebut didapatkan langsung dari penyembelihan sapi di Surabaya Jawa Timur. Suratman telah menjalin relasi dengan pedagan di Surabaya.

“Daging dikirim 1 sampai 1,5 ton dalam satu kali kirim. Disini akan kami bagi untuk lima orang pengusaha kerupuk rambak,” terangnya.

Suratman menceritakan, proses pembuatan dari bahan baku mentah menjadi bahan jadi, dibutuhkan waktu sekitar 1 minggu mulai dari proses perebusan kulit, mengiris sesuai ukuran, penggorengan kulit hingga penjemuran.

“Lama produksi tergantung bahan baku dan juga faktor cuaca. Kalau musim hujan seperti ini proses produsi lebih lama lagi,” ujarnya.

Memang dalam menjalani usaha kerupuk rambak tidak semudah yang orang bayangkan. Suratman mengakui, Dia sempat mengalami jatuh bangun dalam membangun usahanya. (Kusuma)

Related Post