Ratusan Atlet Catur Berebut Peringkat Diajang OOSN SMP

400 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (OOSN) Cabang Olahraga (Cabor) Catur jenjang SMP se-Kabupaten Gunungkidul telah dimulai sejak Selasa (18/2/2019) lalu.

Pertandingan catur yang melibatkan 112 atlet catur dari siswa siswi SMP Se Kabupaten Gunungkidul ini diselenggarakan di SDN Piyaman 1, Wonosari.

Bambang Sutrisno, Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Cabang Gunungkidul menyampaikan, pertandingan digelar selama dua hari dari Rabu kemarin hingga hari ini, Rabu (20/2/2019).

“Cabor catur tahun ini mempertandingkan 4 kelas yaitu catur kilat putra,catur kilat putri, catur cepat putra, catur cepat putri,” terangnya.

Bambang menuturkan, untuk menetukan juara pada pertandingan cabang Catur O2SN SMP ini menggunakan sistem Swiss. Dalam sistem kali ini peserta akan menjalani pertandingan sebanyak 7 babak.

Sistem swiss ini metodenya mempertemukan mempertemukan peserta yang memiliki poin yang sama. Sedangkan untuk penentuan juara melalui sistem swiss ini akan ditentukan melalui berbagai cara.

Cara pertama penetuan juara ditentukan dengan match point yaitu yang memiliki poin tertinggilah yang menjadi juara. Apabila masih memiliki poin yang sama, maka penentuan juara dengan cara direct and counter.

Bila masih memiliki poin yang sama, juara akan ditentukan dengan cara solkhof yakni mengambil jumlah komulatif yang pernah dihadapi.

Apabila masih ditemukan poin yang sama, maka sang juara akan ditentukan dengan cara sonno born berger yakni cara yang sama seperti solkhof, tapi jika menang diambil nilai semua dan jika draw maka akan mendapatkan poin 1/2.

Apabila belum mendapatkan sang juara akan ditentukan dengan progressive score dan time break.

“Nantinya atlit yang berhasil meraih juara 1.2.3. akan mendapat piala, piagam dan uang pembinaan,” tutupnya. (Red)

Related Post