Ratusan Belalang Beracun Resahkan Warga

367 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ratusan belalang beracun yang belum diketahui jenisnya muncul di Tegal Ngrancahan perbatasan Baleharjo dan Karangrejek, Wonosari.

Dukuh Wukirsari, Sutrisno mengatakan selain merusak tanaman serangga tersebut juga menyebabkan gatal.

“Belum tahu jenisnya belalang apa itu, tapi merusak tanaman selain itu juga warga yang kena jadi gatal-gatal katanya itu,” ujarnya, Sabtu (19/1/2018).

Sutrisno mengatakan sebenarnya masyarakat senang kalau ada banyak belalang, tapi karena jenis belalang yang datang menyerang bukan belalang biasa yang diolah untuk konsumsi, menjadikan masyarakat malah menjadi resah.

Ciri dari belalang itu sendiri dikatakannya ukurannya tidak begitu berbeda jauh dengan belalang pada umumnya, hanya saja warnanya hitam dan terdapat warna kuning di bagian kepala dan ada bintik-bintik kuning di sayapnya.

“Dulu memang ada belalang semacam itu namun jumlahnya tidak banyak. Namun saat ini mencapai ratusan,” ucapnya.

Belalang itu diduganya sudah berminggu-minggu ditempat tersebut, karena melihat ukurannya sudah besar, dan jumlahnya semakin banyak. Saat ini warga belum mengetahui bagaimana memberantas serangga itu.

Salah seorang warga setempat, Nugraha membenarkan adanya serangan belalang itu dan mertuanya menjadi korban.

Menurut Nugraha serangga tersebut juga menghabiskan tanaman yang ada, mulai dari daun pohon kelapa, pohon pisang, jagung. Akibat serangan itu daun-daun menjadi seperti meranggas hitam.

“Iya benar terkena belalang itu, namun saat ini sudah sembuh,” bebernya. (Heri)

Related Post