Ratusan Bidang Tanah Milik Pemkab Belum Bersertifikat

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari -Pemerintah Kabupaten Gunungkidul masih memiliki pekerjaan mengenai  pendataan aset yang dimiliki. Hingga sekarang masih ada ratusan bidang tanah yang belum memiliki sertifikat.

Informasi data dari Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, hingga saat ini pemkab memiliki asete tetap berupa tanah sebanyak 1.132 bidang.

Meski sudah resmi jadi miliki pemerintah, namun kepemilikan tersebut masih belum ada yang sah secara hukum karena masih ada yang belum memiliki setifikat.

Kepala Bidang Aset, BKAD Gunungkidul Prihatin Eka Widada tidak menampik hingga sekarang masih ada tanah milik pemkab belum bersertifikat. Hal ini terlihat dari pendataan yang dilakukan ditemukan ratusan bidang tanah yang masih belum memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional. Total dari 1.132 bidang ini, tanah yang memilki sertifikat baru sebanyak 330 bidang. Sedang 802 bidang lainnya belum memiliki bukti kepemilikian yang sah.

“Yang sudah bersertifikat baru ada 330 bidang,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (24/8/2017).

Menurut dia, meski masih ada ratusan bidang tanah yang dimiliki oleh pemkab belum bersertifikat, Eka mengakui tugas ini bukan menjadi kewenagan BKAD.

Pasalnya, bidang aset hanya mengurusi masalah pendataan dan pencatatan terhadap aset. Sedang untuk proses pembebasan hingga pengurusan sertifikat diurus oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR).

“Dulu yang mengurus adalah bidang pemerintahan umum. Namun setelah ada Organisasi Perangkat Daerah baru. Maka masalah tersebut ditangani DPTR. Jadi untuk perkembangan pengurusan setifikat tanah milik pemkab langsung ke dinasnya saja,” ujar Eka. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post