Ratusan Bidang Tanah SG di Gunungkidul Bakal Disertifikatkan

image

(Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ratusan bidang tanah yang teridentifikasi tanah Sultan Ground (SG) di Kabupaten Gunungkidul bakal disertifikatkan.

Sesuai namanya, tanah SG yang merupakan tanah milik Kraton Yogyakarta bakal secara hukum menjadi milik pihak Kraton.

Sektretaris Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertarung) Kabupaten Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan, pihaknya melakukan inventarisasi tanah SG ini di Gunungkidul. Hasilnya, dari ribuan bidang tanah SG tersebut, sebanyak 250 bidang tanah tersebut akan diinventarisasi dan akan dibuatkan sertifikat tanah pada tahun 2017 ini.

“Kami data ada 250 bidang tanah yang merupakan tanah SG. Kami ajukan ke BPN untuk diberikan sertifikat tanah,” ujarnya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (28/9/2017).

Dia mengatakan, inventarisasi SG sendiri dilakukan bertahap sejak 2016. Pada 2016 lalu terdapat 300 bidang tanah yang diinventarisasi, sementara pada 2017 ini 250 bidang tanah diinventarisasi.

“Sementara tahun 2018 mendatang 350 bidang akan diinventarisasi dan harus diselesaikan pada 2019 mendatang,” ucap Asti.

Pihaknya menambahkan, inventarisasi tanah SG ini atas nota kesepahaman antara Pemprov DIY dengan Pemkab Gunungkidul bahwa semua tanah SG yang tersebar di Gunungkidul itu akan didata dan disertifikatkan.

“Inventarisasi dilakukan secaraa bertahap karena kekurangan petugas ukur di lapangan. Sehingga harus sedikit demi sedikit,” pungkasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post