Ratusan Bidang Tanah SG Disertifikasi

336 views

Kawasan Pantai Selatan. (Foto: Heri)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Memasuki tahun 2017 mendatang, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul akan menyertifikasi tanah Sultan Grond (SG) sebanyak 750 bidang.
Rencananya jumlah tersebut akan difokuskan untuk penyelesaikan pendataan di kawasan pesisir.

Kepala Bidang Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul Winaryo mengatakan, proses sertifikasi SG di 2018 lebih banyak, ketimbang capaian di tahun ini. Pasalnya sampai akhir tahun ini, Pemkab hanya menyertifikatkan sebanyak 300 bidang, sedang untuk tahun 750 bidang.

“Sertifikasi ini merupakan upaya perecepatan masalah pendataan tanah SG di Gunungkidul,” katanya kepada wartawan, Rabu (27/12/2017).

Dia menuturkan, tahun 2018 mendatang difokuskan untuk penyelesaian pendataan di kawasan pesisir. Hal ini dilakukan karena dari 4.000 bidang SG yang tersebar, mayoritas berada di wilayah Pantai Selatan Gunungkidul.

“Tahun ini di wilayah Semin, Nglipar, Ngawen dan sekitarnya tetapi untuk tahun depan di wilayah pantai selatan,” tuturnya.

Winaryo menambahkan, masih memiliki banyak tugas untuk menyelesaikan pendataan SG. Dari 4.000 bidang yang terdata, hingga sekarang baru menyelesaikan sertifikasi untuk 850 bidang.

“Ada sekitar 3.150 bidang yang belum selesai sertifikasi,” tutupnya. (Heri)

Related Post