Ratusan Burung Dilepasliarkan Di Desa Pampang

220 views

Gunungkidulpost.com – Paliyan – Ratusan siswa siswi dari Highscope Bintaro bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pampang, melepasliarkan ratusan burung di lahan konservasi Bendowo di Desa Pampang, Kecamatan Paliyan, Rabu, (7/3).

“Ini merupakan upaya untuk menjaga populasi burung liyar yang kian menurun akibat dari ulah manusia,” jelas Iswandi,
Kepala Desa Pampang.

Iswandi mengungkapkan, pelepasan ratusan burung ini bentuk keprihatinan karena dalam beberapa tahun terakhir sudah jarang ditemui burung liar di desanya.

“Hari ini hanya simbolis,beberapa waktu lalu juga sudah kami lakukan, rencananya setiap ada event akan dilepasliarkan lagi berbagai macam burung di Desa Pampang ,” kata Iswandi.

Total burung yang telah dilepas sekitar 700 ekor. Jenis burung yang dilepas di antaranya pleci, emprit, perkutut. Kedepan, rencananya wacana mengenai penetapan Perdes mengenai larangan menangkap burung akan segera dibentuk.

Sementara itu, Andi Candra Herwanto, Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan Balai KSDA Yogyakarta mengatakan, dengan dukungan Peraturan Desa tentang Konservasi Burung yang berisi pelarangan penangkapan burung, diharapkan desa sebelah bisa melakukan hal sama, karena burung akan bermigrasi ke lokasi lain.

“Burung juga butuh hidup dialam bebas,” katanya.

Andi berharap masyarakat ikut menjaga lingkungan sehingga habitat burung tidak terganggu. Selain itu, masyarakat juga harus ikut berperan aktif menjaga lingkungan konservasi.

“Dukungan pemerintah bisa dilakukan dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, kedua pihak baik masyarkat maupun pemerintah harus bersinergi untuk menjaga kelestarian alam. Alam akan indah ketika banyak burung di alam bebas.

“Semoga setelah ini, tidak ada lagi kegiatan menangkap burung, biarkan mereka hudup di alam bebas,” pungkasnya.

Selain pelepasliaran burung, kegiatan dilanjutkan dengan menanam bibit pohon serta membuka rumah baca yang di buat secara resmi di desa eko wisata Pampang. (Santi)

Related Post