Ratusan Bus Datang Dari Tanah Rantau, Situasi Terminal Wonosari Ramai

36 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Situasi arus mudik lebaran di Terminal Daksinarga Wonosari, terpantau mulai ramai.

Menurut data Dinas Perhubungan Gunungkidul kedatangan bus di Terminal Dhaksinarga, Wonosari hingga H-3 Lebaran sebanyak 1492.

Rinciannya yakni AKAP 627 dan AKDP 865. Sementara untuk Terminal Semin kedatangan bus AKAP sebanyak 676 dan AKDP ditambah Angkudes berjumlah 147. Adapun untuk total jumlah penumpang di kedua terminal tersebut sebanyak 2.452 orang.

Pengelola Teknologi Informasi UPT Terminal Dhaksinarga, Bayu Setiawan mengatakan sebagian besar bus yang masuk merupakan bus carteran mudik gratis yang digelar Kementrian Perhubungan, BUMN, maupun swasta. Total sampai pagi tadi bus carteran untuk membawa pemudik.

“Pagi tadi ada 15 bus lagi yang datang,” katanya saat ditemui Gunungkidulpost.com, Selasa (12/6/2018).

Bayu mengaku hingga hari ini masih sedikit bus di luar program mudik gratis yang masuk ke terminal. Kebanyakan bus tersebut langsung turun ke pul atau garasi yang telah disediakan pengelola bus.

Padahal pihaknya telah mengimbau untuk menurunkan penumpangnya di terminal. Hal ini agar memudahkan untuk pemantauan, dan keamanan para pemudik.

Namun meski begitu dia tidak menyalahkan pihak manapun. Sebab dari sepengetahuannya tujuan bus menurunkan penumpang di pul masing-masing juga demi kenyamanan penumpangnya.

“Ya memang ada penumpang yang minta turun di pul sebab memang kebanyakan sudah disediakan mobil shuttle untuk mengantar mereka [penumpang] sampai rumah,” ujarnya.

Statemen petugas terminal Dhaksinarga itu diamini operasional PO Maju Lancar, Sigit Prabowo. Dia mengatakan dalam menurunkan penumpang kebanyakan dilakukan di pul. Sebab hal itu menyesuaikan keinginan penumpang.

“Kalau langsung ke terminal justru penumpang kurang berkenan sebab di sana nanti malah bingung mau pulang ke rumahnya pakai apa, sementara kalau di kami sudah tersedia shuttle untuk mengantar mereka,” ucapnya.

Kendati demikian Maju Lancar juga tetap mengantarkan penumpang yang ingin turun ke terminal.

Adapun untuk menghadapi arus mudik dan balik lebaran, PO Maju Lancar khususnya yang berlokasi di kantor pusat beralamatkan Jl Wonosari – Jogja Km. 2.5, Siyono, Playen ini menyediakan 25 bis reguler. Jika kurang nanti sudah disiapkan tambahan bis wisata berjumlah 13. Lalu tambahan enam lagi dari operator bis lain.

Sigit mengungkapkan jumlah penumpang bis Maju Lancar yang datang dari Minggu (10/6) hingga Selasa ini berkisar 4.000. Sementara rata-rata tiap bis yang masuk 20 per harinya.

“Dimungkinkan puncak arus mudik versi Maju Lancar adalah H-2 hingga H-1 Lebaran,” tutupnya. (Bayu)

Related Post