Ratusan Dusun Maupun Pemerintahan Belum Jalankan KTR

555 views

​Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kawasan Tanpa Rokok yang berlaku sejak 1 Juli 2016 lalu, nampaknya belum sepenuhnya dijalankan di ruang lingkup pemerintahan maupun tingkat umum. Bahkan, sebagian SKPD di Pemkab Gunungkidul masih mematuhi terhadap perda tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Agus Prihastoro mengatakan, jika Peraturan Daerah No.7/2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok belum dipatuhi sepenuhnya. Sebab, kawasan larangan baik instansi mauapun fasilitas umum masih banyak yang melakukan aktivitas merokok.

“Kita terus upayakan pengawasan dan melakukan sosialisasi agar perda ini benar-benar kita maksimalkan,” katanya, Selasa (3/1/2017).

Agus menjelaskan, dalam pengawasan ini akan dibentuk tim yang nantinya akan melakukan inpeksi di kawasan yang bebas asap rokok.

“Tim ini nantinya akan melakukan pengawasan.  Laporan di triwulan pertama hasil pengawasan sudah dilaporkan ke Wakil Bupati,” ujarnya.

Menurut Agus, berdasarkan pengawasan dari 144 deda yang sudah ikut berkomitmen untuk terhadap KTR diantaranya, Desa Bendungan, Kecamatan Karangmojo. Sedangkan dari 1431 dusun, hanya terdapat 100 dusun yang mendeklarasikan bebas asap rokok.

“Kalau dipresentase masih kecil, tetapi kita akan terus melakukan sosialisasi,” pungkasnya. (Nena)

Related Post