Ratusan Hewan Di Gunungkidul Di vaksinasi

609 views

​​

Ilustrasi.net


Gunungkidulpost.com – Playen – Penyebaran penyakit rabies kini mulai mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Rabu (29/9) siang. Dinas Peternakan Gunungkidul yang bekerjasama dengan Forum Dokter Hewan kabupaten Gunungkidul melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan milik warga.

Kepala Dinas Peternakan Gunungkidul, Krisna Berlian mengatakan, meski sejauh ini belum mendapatkan laporan mengenai adanya penyebaran rabies di Gunungkidul, namun Dinas Peternakan mengaku was – was dengan banyaknya kasus gigitan maupun ganguan hewan liar di Gunungkidul. “Maka dari itu kita mulai melakukan pencegahan terhadap penyakit rabies,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Krisna Berlian menjelaskan, potensi penyebaran penyakit rabies bisa datang dari mana saja, diantaranya dari binatang liar ataupun binatang peliharaan sendiri. “Maka dari itu kita mulai melakukan pencegahan untuk mengurangi hal tersebut,” jelasnya.

Dinas Peternakan Gunungkidul mengaku sudah menyiapkan vaksinasi sebanyak 370 botol yang akan disuntikan kepada hewan peliharaan milik warga. “Kita tidak pungut biaya apapun alias gratis,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya vaksinasi gratis tersebut, penyebaran rabies di Gunungkidul bisa ditekan. “Harapan kita jangan sampai ada penyakit rabies di Gunungkidul,” terangnya.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh pemilik hewan agar senantiasa memeriksakan kesehatan hewan serta rutin memberikan vaksinasi terhadap hewan peliharaan mereka. “Kita juga adakan sosialisasi mengenai pentingnya menekan angka rabies kepada warga,” tutupnya.

Sementara itu, salah seorang peserta vaksin Helena Sugeng mengaku terbantu dengan adanya vaksinasi gratis yang ada. “Saya sudah memelihara anjing sudah sejak 1 tahun terakhir,” katanya.

Helena Sugeng menjelaskan, selama memelihara anjing belum pernah memberikan vaksin kepada hewan yang dipeliharanya. “Ini baru pertama kalinya,’ tutupnya.(Maya

Related Post