Ratusan Jalan Desa Akan Disulap

598 views

Foto: istimewa



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ratusan kilometer jalan yang semula berstatus jalan desa akan dinaikkan menjadi jalan kabupaten. 
Pemerintah menaikkan jalan desa ke kabupaten dari 686 kilometer menjadi sekitar 1.200 kilometer. Kenaikan ini diharapkan bisa meningkatkan kwalitas jalan dan perekonomian masyarakat. 
“Total peningkatan sekitar 300 an km” kata Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Gunungkidul Jaka Lelana kepada Gunungkidulpost.com, Senin (16/1/2017).

Dijelaskannya, peningkatan status jalan ini harus dituangkan dalam keputusan bupati. Sehingga memiliki kekuatan hukum. Dia mengakui, jalan kabupaten di Gunungkidul mencapai panjang 686 km yang saat ini, dengan 166 ruas, dari panjang tersebut dari data 2015 92,18 km rusak parah, rusak Sedang 51,14 km, dan Rusak ringan 63,53 km. Total jalan dalam kondisi baik mencapai 481,54 km dan rusak sepanjang 204,46 kilometer.
“Nantinya jika ada ditingkatkan maka akan menambah jumlah jalan rusak. Untuk pendataan yang baru belum diketahui berapa jumlah yang rusak. Kemungkinan akhir bulan ini bisa diketahui,” bebernya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Gunungkidul Eddy Praptono mengatakan, pihaknya akan  mengambil skala prioritas, jalan yang mengalami kerusakan. Perbaikan jalan kabupaten akan dilakukan secara bertahap, menggunakan dana dari daerah, propinsi dan pemerintah pusat.
“Perbaikan dilakukan bertahap,” ungkapnya. (Bayu)

Related Post