Ratusan Perusahaan Belum Melapor Ke Dinas

Ilustrasi. Net

​Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ratusan perusahaan di Gunungkidul belum melaporkan jumlah pekerjanya ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).
Dari data yang ada baru sebanyak 284 perusahaan yang melaporkan ke dinas. Padahal jumlah perusahaan di kota gaplek ini mencapai hammpir seribu perusahaan. 

Kepala disnakertrans Gunungkidul Dwi Warna Widi Nugraha mengatakan, dari data yang masuk ke dinas baru ada 284 perusahaan yang melaporkan. Padahal di Gunungkidul jumlahnya bisa lebih banyak bahkan mendekati seribuan. Menurutnya, dengan melaporkan ke dinas semua hak pekerja bisa dilakukan. 
“Mereka bekerja di berbagai bidang mulai dari perusahaan besar hingga sekala kecil. Kini yang melaporkan baru 284 perusahaan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (9/1/2016).

Dwi menghimbau, pihaknya terus melakukan himbauan dan sosialisasi kepada pemilik usaha untuk melaporkan keberadaannya beserta jumlah karyawannya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1981 tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan. 

“Kami himbau pada pengusaha untuk segera melapor ke dinas,” paparnya.
Dwi mengatakan, dengan tidak melaporkan jumlah karyawan dan perusahaanya maka pihaknya kesulitan dalam melakukan pengawasan. 

“Selama ini aduan yang ada hanya dari perusahaan yang sudah terdata kami,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post