Ratusan Peserta Berlomba Raih Juara di Festival Permainan Tradisional

31 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ratusan peserta mengikuti ajang festival Olahraga Tradisional (Gatra) yang diselenggarakan oleh Purna Paskibraka Indonesia Gunungkidul (PPIGK) di Alun-alun Wonosari, Sabtu (15/9) hingga Minggu (16/9).

Festival permainan tradisional tersebut digelar dengan tujuan untuk melestarikan Olahraga Tradisional yang hampir punah diera digital seperti saat ini.

Ketua PPIGK Aris mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk melestarikan olahraga tradisional yang sudah mulai ditinggalkan masyarakat.

“Tujuannya melestarikan olahraga tradisional yg mulai ditinggalkan anak-anak milenial. Ada 5 cabang yang dilombakan yaitu kasti, balapan egrang, tarik tambang, bakiak, gobak sodor,” katanya kepada wartawan.

Dalam perlombaan ini dibagi menjadi empat kategori yaitu kelompok SD, SMP, SMA, dan Umum dengan total peserta mencapai kurang lebih 84 tim.

“Kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan kegiatan ini menjadi tonggak awal untuk kegaiatan mendatang,” tuturnya.

Aris menceritakan ide awal terbentuknya festival Gatra ini karena banyak generasi milenial yang tidak mengetahui olahraga tradisional, seperti aturan-aturannya. Ia berharap kedepannya dapat digelar kembali danditambah lebih lagi cabang Olahraga yang dilombakan.

“Dari adik-adik dan teman-teman paskibraka tidak tahu aturannya, ini membuktikan lambat laun olahraga tradisional tergerus oleh zaman. Harapan saya olahraga tradisonal ini kembali diterima oleh masyarakat,” ujar Aris.

Sementara itu satu diantara peserta kategori umum, Rifki Bintang Prasetya menuturkan ia sangat senang karena dapat bernostalgia saat dirinya masih kanak-kanak.

“Senang bisa bermain permainan tradisional lagi kalau dirumah jarang sekali bisa bermain semacam ini,” tutup Rifki. (Heri)

Related Post