Ratusan Ribu Penduduk Gunungkidul Terdaftar Jaminan Kesehatan

143 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 721.381 jiwa penduduk Gunungkidul telah terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Kesehatan (JKN-KIS) dari total jumlah penduduk sebanyak 757.169 jiwa.

Hal itu sama dengan mencakup 95,27% dari total penduduk Gunungkidul.

Bertempat di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Jumat (23/11/2018) Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Gunungkidul dan BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta menandatangani perjanjian kerjasama tentang penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional bagi penduduk Gunungkidul dalam rangka Universal Health Coverage (UHC).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Dwi Hesti Yuniarti, mengatakan, pencapaian Pemkab Gunungkidul merupakan bukti bahwa Pemkab memberikan kepastian perlindungan atas hak jaminan sosial kesehatan bagi penduduknya.

Ia menjelaskan UHC Gunungkidul dapat tercapai saIah satunya karena adanya penambahan Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD sejumlah 159.224 jiwa yang mulai aktif per Sabtu (1/12).

“Pemkab diharapkan dapat menggerakan seluruh OPDnya untuk turut berkomitmen mendukung Program JKN-KIS sesuai kewenangan masing-masing,” ujar Hesti.

Hesti menambahkan, UHC Gunungkidul, akan semakin dirasakan manfaatnya oleh peserta apabila disertai dengan peningkatan kualitas dan layanan di fasilitas kesehatan setempat. Selain itu, dibutuhkan pula dukungan pemerintah daerah meningkatkan pemahaman masyarakat dan stakeholder Iain tentang program JKN-KIS ini.

“Mari bersama-sama memberikan sosialisasi, edukasi, informasi dan advokasi kepada peserta sehingga peserta dapat mendapatkan manfaat dari program ini dengan optimal,” ujarnya. (Bayu)

Related Post