Ratusan Umat Hindu Gelar Upacara Wanakerti

124 views

Gunungkidulpost.com – Ngawen – Ratusan umat Hindu se-DIY menggelar upacara Wanakerti sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Raya Nyepi di dalam Hutan Adat Wonosadi, Ngawen, Gunungkidul, Minggu (18/2/2018).

Kegiatan ini juga menadapatkan dukungan penuh dari berbagai pemeluk agama lainnya yang ada di Gunungkidul.

Upacara Wanakerti sendiri merupakan rangkaian sembahyang yang filakukan oleh para pemeluk agama Hindu sebelum merayakan Nyepi yang akan berlangsung pada bulan Maret mendatang.

“Wanakerti merupakan filosofi yang menggambarkan hubungan erat antara manusia dengan alam,” kata Ayu Made salah seorang umat Hindu yang hadir dalam upacara tersebut.

Menurut dia, manusia sebagai makhluk yang selayakanya melestarikan lingkungan yang sudah memberikan energi positif untuk berlangsungnya hidup sehingga upacara Wanakerti dilaksanakan rutin disetiap tahunnya.

“Upacara ini seperti kegiatan sedekah bumi, rebutan gunungan serta upacara doa bersama yang dilakukan di hutan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ayu Made menambahkan upacara adat ini juga mengajarkan kepada pemeluk agama Hindu agar hidup bersinergi dengan lingkungan.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah sinergi hubungan manusia dengan alam sekitar,” papar Ayu.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Upacara Wanakerti, Hariyanto mengatakan dalam kegiatan tahun ini diikuti sebanyak 600 umat Hindu se-DIY.

Dalam uapacara Wanakerti tahun ini juga mendapatkan dukungan dari agama yang lainnya. Sehingga menunjukkan toleransi antar umat beragam.

“Dari saudara kita pemeluk agama lain juga turut ambil bagian dalam kegiatan ini mulai dari persiapan hingga pelaksanaan upacara adat ini yang sangat khitmad,” ungkap Hariyanto.

Menurut rencana, umat Hindu juga akan menggelar upacara Malesti yang akan dilangsungkanpada awal bulan Maret mendatang. Dan setelahnya juga akan mrayakan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada pertengahan bulan Maret. (Bayu)

Related Post