Ratusan Warga Banaran Gelar Ritual Budaya

image

Warga Desa Banaran Menggelar Tradisi Budaya. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Playen – Upacara adat Sadranan di Dusun Banaran 1 sampai dengan 5, yang terletak di Desa Banaran, Kecamatan Playen merupakan rangkaian ritual budaya yang sudah menjadi tradisi masyarakat Desa Banaran sebelum tradisi Rasulan atau Bersih Desa di gelar di setiap tahun.

Suyanto, salah satu tokoh masyarakat di Desa Banaran menjelaskan bahwa Sadranan yang digelar pada hari ini, Selasa Kliwon, (4/7/2017) sepekan sebelum Rasulan di gelar pada hari Senin Legi besok merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rizki yang telah di terima selama satu tahun.

“Nyadran bisa jadi ajang untuk mengirim doa kepada arwah leluhur yang telah menghadap sang pencipta,” katanya saat ditemui Gunungkidulpost.com disela acara.

Disamping itu, lanjut Suyanto, selain untuk mendoakan arwah para leluhur Sadranan juga efektif untuk menjaga kerukunan warga.  Dalam upacara Sadranan ini, warga berkumpul di tempat- tempat yang dianggap sebagai tempat keramat di daerah masing- masing.

“Warga berkumpul dengan membawa perlengkapan kenduri berupa makanan dan tidak sedikit diantara mereka yang membawa nasi uduk dan ingkung,” tutur Suyanto.

Dengan acara Sadranan ini, harapannya Rasulan bisa berjalan lancar karena merupakan upaya nguri-uri kabudayan yang tidak bertentangan dengan agama serta diharapkan dapat menyatukan warga.

Acara Sadranan diawali dengan pembacaan doa kemudian dilanjut dengan kenduri bersama dan membagikan makanan keseluruh warga yang hadir dalam upacara adat Sadranan.

“Saat warga makan bersama, seolag tidak ada sekat yang memisahkan, warga berkumpul menjadi satu dalam kerukunan,” tuturnya.

Melalui tradisi makan bersama ini, terkandung harapan agar seluruh warga mendapatkan barokah, baik berupa keselamatan atau limpahan rizki dari Tuhan YME.

“Warga dengan berbagai macam karakter berkumpul menjadi satu dengan satu tekat dan tujuan untuk kegiatan yang positif,” pungkas Suyanto. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post