Ratusan Warga Giriasih Gelar Upacara Adat Bersih Kali Pego

71 views

Gunungkidulpost.com – Purwosari – Ratusan warga di Desa Giriasih, Kecamatan Purwosari menggelar upacara adat bersih kali Pego, Jumat (4/5/2018) siang.

Upacara yang digelar tiap tahun tersebut, diharapkan menjadi salah satu pelestarian budaya yang ada di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Sekertaris Camat (Sekcam) Kecamatan Purwosari Purnomo mengatakan, kegiatan ini merupakan kekayaan budaya yang wajib dilestarikan. Oleh karena itu, sudah waktunya dikembangkan sehingga tidak mudah punah.

“Upacara adat bersih kali Pego merupakan peninggalan leluhur dan harus kita lestarikan bersama,” katanya kepada wartawan.

Menurut Purnomo, upacara bersih kali ini digelar rutin disetiap tahun. Pihaknya berharap, selain menjadi salah satu pelestarian budaya juga mampu dikemas menjadi destinasi wisata alam di wilayah Purwosari.

“Harapan kedepan pelestarian budaya wajib kita lestarikan bersama,” ucapnya.

Purwosari menambahkan, Kali Pego merupakan kali yang digunakan sebagai sumber air yang harus di jaga. Dengan adanya kegiatan bersih kali semoga bermanfaat bagi seluruh anggota masyarakat.

“Upacara adat ini merupakan sarana untuk mempererat hubungan antara masyarakat dan tetap di lestarikan. Semoga bisa terjaga dan saling menjaga agar kali Pego tetap bersih dan di gunakan sebagai sumber air di wilayah Desa Giriasih,” pungkasnya. (Susanti)

Related Post