Ratusan Warga Pesisir Ikuti Upacara Sedekah Laut

106 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Sebagai wujud ungkapan syukur kepada Tuhan YME atas berkah yang melimpah, warga di Desa Kemadang, Tanjungsari, menggelar upacara adat sedekah laut yang digelar pantai Baron, Kamis (3/10/2019).

Upacara tersebut diikuti oleh puluhan warga yang terdiri dari unsur nelayan, pedangang, pokdarwis, pemdes, dan anggota SAR Satlinmas Istimewa wilayah II.

Sebelum prosesi larung kapal upacara digelar dengan kenduri dan doa bersama. Sebanyak 7 gunungan akan dilarung oleh warga setempat ke tengah laut.

Ketua Dewan Kebudayaan Kecamatan Tanjungsari, Ngatno mengatakan sedekah laut merupakan upacara rutin yang dilakukan oleh para nelayan setiap tahun.

“Ini sebagai ucapan rasa syukur para nelayan dan warga yang ada dipantai kepada Tuhan, karena telah diberi rejeki dari laut. Dan kita menyajiakan gunungan yang berisi tumpeng, ingkung dan sesajen lainnya untuk kita larung ke laut,” katanya disela acara.

Ngatno berharap adanya upacara sedekah laut sebagai budaya wujud ucapan syukur nelayan agar dapat dilestarikan.

“Ini adalah suatu budaya yang merupakan warisan yang harus kita lestarikan dan kita tingkatkan jangan sampai punah,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekertaris SAR Satlinmas wilayah II Surisdiyanto mengatakan upacara sedekah laut sebagai warisan budaya peninggalan nenek moyang. Menurut dia, tujuan digelarnya upacara ini selain mempertahankan kebudayaan juga sebagai ajang meningkatkan daya tarik pariwisata yang terkemuka.

“Selain nguri-nguri kebudayaan, juga sebagai daya tarik bagi para pengunjung,” ucapnya. (Falentina)

Related Post