Ratusan Warga Songbanyu Geruduk Kantor Desa

image

Sebanyak 200 Warga Geduruk Kantor Pemerintah Desa Songbanyu. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Girisubo – Ratusan warga Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul mendatangi kantor Desa Songbanyu, Rabu (4/10/2017). Kedatanagan mereka menuntut Pemerintah Desa terkait penggunaan dana desa yang tidak transparan.

Koordinator aksi serta Ketua Forum Komunikasi Masyarakart Peduli Songbanyu (FKMPS), Agus Budianto mengatakan, pihaknya beserta ratusan orang warga Desa Songbanyu menuntut transparansi dari Pemerintah Desa Songbanyu terkait penggunaan dana di desa.

“Kami meminta laporan pertanggungjawaban (LPJ) APBDes 2014/2015 sebagai wujud transparansi. Selama ini penggunaan anggaran dilakukan tertutup, kami sebagai warga juga berhak mengetahuinya,” paparnya.

Menurut Agus, penggunaan anggaran dana desa Songbanyu selama ini tidak transparan. Pemerintah desa dikatakannya cenderung tertutup terkait penggunaan anggaran dan juga peruntukkannya.

Padahal segala bentuk penggunaan anggaran harus disertai laporan pertanggungjawaban yang transparan. Pihaknya juga menemukan banyak penyimpangan anggaran, misalnya anggaran yang dibagikan untuk sebanyak 13 dusun yang berjumlah Rp 195 juta.

Setiap desa seharusnya mendapatkan sebesar Rp 15 juta, namun masing-masing hanya diberikan Rp 10 juta.

“Kami juga menduga adanya program fiktif yang dijalankan pada tahun 2015 lalu, seperti pelatihan kelompok petani yang dianggarkan Rp23 juta, namun tidak ada realisasinya,” tandas Agus.

Agus mengatakan, pihaknya akan melihat kembali LPJ beserta APBDes karena masih terdapat banyak kegiatan yang janggal. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post