Ratusan Warga Terima Bantuan PKH

image

Ratusan Warga Kurang Mampu Terima Bantuan PKH. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 350 warga kurang mampu dari Desa Kepek dan Desa Baleharjo di Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial.

Bantuan diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Harry Z Soeratin, kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Balai Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Selasa (15/8) kemarin.

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Harry Z Soeratin, mengatakan, bantuan PKH ini merupakan salah satu program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan. PKH juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam penurunan kemiskinan hingga 5-6 persen pada tahun 2019 mendatang.

“Gunungkidul sendiri penurunan kemiskinan secara signifikan, kini tinggal 2,5 persen oleh karena itu, bantuan ini akan terus dilaksanakn,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Menurut Harry, target perluasan jangkauan PKH pada tahun 2018 mendatang dipatok mencapai angka 10 juta keluarga penerima manfaat.
Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala.

Diantaranya masih banyak penduduk miskin yang belum terdata, sehingga program masih belum sepenuhnya dinikmati oleh masyarakat.

“Masyarakat yang belum terdaftar masih banyak, terutama mereka pada lansia, penyandang disabilitas yang tidak memiliki kemampuan. Oleh karena itu ini menjadi pekerjaan rumah kami,” bebernya.

Sementara itu Bupati Gunungkidul, Badingah, mengatakan, pengentasan kemiskinan di Gunungkidul terus digalakkan baik melalui bantuan sosial maupun pemberdayaan masyarakat agar dapat mandiri.

“Melalui pengembangan pariwisata kami harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucap Badingah. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post