Ratusan Wisatawan Terseret Ombak Pantai Selatan

211 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kasus kecelakaan laut yang terjadi sepanjang tahun 2018 tercatat sebanyak 125 orang dengan jumlah kasus 108.

Dari jumlah tersebut sebagian besar berhasil diselamatkan. Keterbatasan personil dan peralatan masih menjadi kendala tersendiri saat penyelamatan korban.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono mengatakan, pada tahun 2018 terjadi 98 kasus kecelakaan laut dengan 128 orang warga terseret ombak di sejumlah pantai, dengan korban jiwa 2 orang, satu orang hilang. Angka itu meningkat jika dibandingkan Sepanjang tahun 2018 ini, tercatat ada 76 kasus laka laut yang terjadi. Jumlah korban sebanyak 118, untuk korban selamat 115, sedangkan korban meninggal ada 3 orang.

“Jumlah kasus kecelakaan laut meningkat,”katanya saat dihubungi Rabu (2/1/2019).

Marjono mengakui dengan keterbatasan personil dan peralatan pihaknya kesulitan mengawasi 37 titik pantai yang menjadi wilayah operasional SAR Satlinmas Korwil II.

Idealnya menurut dia, satu kawasan pantai ada 3 personil. Selain itu, peralatan evakuasi juga dirasakan kurang, dari dua kapal jukung yang dimiliki SAR satu diantaranya sudah tidak layak.

“Semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung tantangannya semakin banyak,” ucapnya.

Sementara Sekretaris Korwil I Gunungkidul Winarna mengatakan, di wilayahnya ada 10 kejadian, dengan korban jiwa 7 orang, dan 1 0rang dinyatakan hilang.

“Ada 10 kejadian laka laut diwilayah kami dan 1 orang hilang hingga sekarang,” tutupnya. (Bayu)

Related Post