Rawan Korupsi, Pemkab Gunungkidul Bentuk Satgas Keuangan

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Playen – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mulai menyiapkan satuan tugas (Satgas) keuangan desa untuk menjadi mitra pemerintah desa (Pemdes) dalam menyusun keuangan.

Hal iti bertujuan untuk meminimalisir penyalahgunaan ataupun keterlambatan dalam pelaporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DP3AKB-PMD) Gunungkidul Sudjoko mengatakan molornya laporan penyelenggaraan pemerintahan desa menjadi perhatian serius. Untuk itu pihaknya tengah membentuk satgas di setiap kecamatan.

”Untuk itu kami langsung bentuk Satgas di kecamatan yang akan membantu desa dalam persoalan laporan keuangan dan implementasi APBDes,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (21/5/2017).

Dengan begitu pihaknya berharap pemdes dapat lebih akuntabel dan transparan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Salah satunya adalah dengan adanya pelaporan tepat waktu oleh pemdes. Dia menilai selama ini Pemdes masih kesulitan, sehingga dibutuhkan upaya pendampingan melalui satuan tugas di tingkat kecamatan.

Dia menjelaskan untuk masing-masing kecamatan, memiliki minimal empat anggota satgas. Semua langsung diberikan pembekalan mengenai keuangan desa sehingga diharapkan bisa menjadi mitra bagi pemerintah desa apabila ada persoalan laporan keuangan desa.

”Mereka (satgas) akan mendampingi desa. Bagaimana penggunaaan anggaran bisa sesuai peruntukan hingga laporan kepada pemkab,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Banyusoco, Kecamatan Playen Sutiyono mengatakan, adanya satgas keuangan desa sebenarnya sudah diharapkan oleh sebagian pemdes sejak lama. Pasalnya selama ini pemerintah di tingkat desa ataupun kecamatan belum semuanya dapat memahami pengimplementasian dari Undang-Undang Desa.

“Verifikasi laporan APBDes bisa lebih lancar kalau ada pemahaman dari satgas,” tuturnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post