Razia Digelar, Gambar Caleg Diturunkan Paksa

59 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bawaslu Gunungkidul bersama Satpol PP akhirnya menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) calon legislatif (caleg) yang dianggap liar.

Penertiban ini dilakukan lantaran tidak sesuai aturan yang ditetapkan oleh KPU.

Seperti yang dilakukan di perempatan Tegalsari, Siraman, Wonosari, Kamis (20/9/2018). Bawaslu mengawasi pembongkaran APK yang dilakukan Satpol PP Gunungkidul.

“Hari ini kita menertibkan Alat Peraga Kampanye yang tidak sesuai dengan PKPU nomor 4 tahun 2017 bersama Satpol PP,” kata salah seorang Petugas Bawaslu, Bukhori.

Sesuai dengan kewenangan yang dimiliki, penertiban APK dilakukan secara masif oleh Bawaslu dan Panwascam seluruh Gunungkidul.

Koordinator sekretariat Bawaslu Tri Widodo mengatakan hal tersebut dilakukan karena belum memasuki masa kampanye.

“Prinsipnya akan melakukan operasi apk oleh caleg atau parpol,karena belum diperbolehkan,” terangnya.

Ia mengatakan ada beberapa kecamatan yang akan dioperasi terkait dengan pemasangan apk belum pada waktunya.

“Kami akan operasi seperti di sekitaran Wonosari, Semanu, Karangmojo, Ponjong, terbanyak ada di Patuk. APK seperti baner, spanduk, bendera dan pemasangan stiker dibeberapa wilayah tersebut,” katanya.

Ia mengatakan APK yang menampilkan citra diri tidak diperbolehkan dipajang didepan publik sebelum tanggal kampanye.

“Sementara hanya penertiban belum ada sanksi, APK boleh dipasang asalkan berada di kantor partai politik, itupun hanya bendera dan nomor urut,” terangnya.

Terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunungkidul Dwi Warna mengatakan pihaknya mengerahkan 14 persnonel untuk melakukan razia ini.

“14 personel tadi dibagi menjadi 2 kelompok, sebelumnya memang sudah berkoordinasi dengan bawaslu,” paparnya. (Bayu)

Related Post