Remaja Rentan Idap Gangguan Jiwa

189 views
image

(Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kelompok usia remaja dinilai sebagai kelompok usia yang rentan mengalami gangguan jiwa. Remaja dinilai masih labil dalam menghadapi permasalahan yang terjadi.

Oleh karena itu, sejumlah remaja yang berada di Kabupaten Gunungkidul harus dibina dan dibimbing agar terhindar dari penyakit gangguan jiwa.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Program dan Kerjasama Yayasan Inti Mata Jiwa, Wahyu Widayat mengatakan, remaja masih belum siap menghadapi lingkungan dan perubahan sosial di masyarakat.
Sehingga banyak di antaranya mengalami depresi dan dapat merambat kepada gangguan jiwa.

“Hal ini bisa terjadi seiring majunya arus teknologi, dan perkembangan pariwisata yang ada di Gunungkidul,” ujarnya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (10/10/2017).

Menurut Wahyu, mengantisipasi masalah tersebut, perlu segera dilakukan upaya pencegahan.
Satu yang dilakukannya adalah melakukan sosialisasi tentang kesehatan jiwa kepada sejumlah remaja terkait kesehatan jiwa dengan menggandeng Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Imaji bersama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul.

Setidaknya terdapat 40 remaja yang merupakan perwakilan dari SMP yang ada di Kecamatan Wonosari, beserta guru-guru yang ada di Wonosari. Mereka diberikan pengetahuan terkait jenis-jenis penyakit gangguan jiwa, faktor penyebab, dan cara penanganannya.

“Kami juga mengundang guru agar mereka memahami bagaimana penanganan terhadap perilaku remaja yang menyimpang dan deteksi dini gangguan jiwa,” ungkapnya, usai sosialisasi kesehatan jiwa di Gedung PGRI Gunungkidul. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post