Rencana Revitalisasi Pantai Kukup, Pemkab Minta Investor Segera Bertindak

44 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dalam pengembangan pariwisata Pemkab Gunungkidul telah membuka diri bagi datangnya investasi dengan catatan investor harus mampu menjaga kelestarian lingkungan di Kabupaten Gunungkidul.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Gunungkidul Irawan Jatmiko, Kamis (23/5/2019) saat menanggapi audiensi dari PT. Sekar Mas Nusantara terkait rencana revitalisasi terhadap Pantai Kukup.

“Permaslahannya dalam kerjasama membutuhkan waktu yang agak lama perlu adanya kejelasan dari Pemprov maupun Pemdes,” katanya.

Menyangkut lahan bukan domain pemerintah Kabupaten Gunungkidul melainkan pihak Kasultanan dan Gubernur DIY untuk tanah kas Desa.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pelaksanaan dan Pengawasan, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) Gunungkidul Aning Sri Mintarsih mengatakan, karena lokasi yang akan di revitalisasi ada di pingir pantai kawasan karst, maka agar desaignnya dibuat sedemikian rupa sekitar 100 meter dari bibir pantai sehingga tidak melakukan perusakan bentang alam karst.

“Terkait dengan tanah Sultan Ground (SG) agar dikoordinasikan dengan pihak Kasultanan,” tuturnya.

Pada intinya, investasi diperbolehkan dengan catatan tidak berada di wilayah Cagar Alam Geologi (CAG) yang sudah diatur oleh Dinas PUP ESDM DIY.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos menyampaikan, dengan datangnya investor diharapanya bisa membawa pencerahan bagi Kabupaten Gunungkidul.

Investor yang diterima adalah mereka yang mengajak kerjasama dengan tidak membeli tanah sehingga sifatnya kontrak dalam pemanfaatan tanah SG dan tanah kas desa.

“Berusaha merubah Kabupaten Gunungkidul semakin maju. Inilah misi Pemkab Gunungkidul dengan para investor,” kata Badingah.

Badingah mengungkapkan, permasalahan yang dihadapi saat ini adalah relokasi dengan para pendagang. Semoga dengan kehadiran investor yang tepat, wacana untuk menata kawasan pantai bisa terlaksana

Kedepan Badingah berharap investor yang akan masuk ke Gunungkidul segera melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait.

“Setiap tahapan agar dilaporkan ke saya agar dapat diketahui setiap progressnya,” pinta Badingah. (Santi)

Related Post