Revitalisasi TPI Pantai Sadeng Segera Terwujud

358 views

Gunungkidulpost.com – Girisubo – Potensi ikan tuna di pantai selatan diharapkan lebih dapat bermanfaat.

Oleh sebab itu, untuk menujang sarana dan prasarananya Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengharapkan revitalisasi Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan Sadeng menjadi TPI Higienes segera bisa terwujud.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul Khairuddin mengatakan pada 2018 ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan merevitalisasi TPI Pelabuhan Sadeng.

“Tahun ini, Sadeng dibangun TPI Higienis karena hasil tangkapan nelayan merupakan komoditas ekspor, seperti tuna,” katanya kepada wartawan, Sabtu (5/5/2018).

Ia mengatakan produksi ikan tangkap di Gunungkidul per tahunnya berkisar 3.500 ton, 50 persennya merupakan tuna. Selama ini, tuna hasil tangkapan nelayan Gunungkidul diekspor ke Jepang melalui Surabaya, Jawa Timur.

“Untuk itu, kami mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dan sarana pendukungnya, yakni TPI Higienis,” ujarnya.

Adanya TPI yang memenuhi standar internasional itu diharapkan mampu memperluas pasar penjualan ikan dan juga menjaga kualitas ikan yang bersih.

“TPI higienis nantinya akan mempunyai standar-standar yang harus dilakukan petugasnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Nelayan Pantai Sadeng Mina Raharja, Sarpan mengatakan sudah mendengar rencana pembangunan itu juga. Dia berharap dengan adanya TPI higienis tersebut dapat meningkatkan harga jual ikan dan memperluas pasar.

“Harapannya dengan adanya TPI tersebut ya dapat meningkatkan harga dan memperluas pasar. Tidak cuma nambah embel-embel higienis saja,” tutup Sarpan. (Heri Prastawa)

Related Post