Ribuan Benih Ikan Disebar, Sri Getuk Jadi Incaran

22 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Puluhan ribu ikan jenis nila dan tawes ditebar di Obyek Wisata Sri Gethuk, Desa Bleberan, Playen, Senin (7/5/2018).

Tabur benih tersebut dilakukan atas kerjasama Dinas Kelautan dan Perikanan DIY bersama sejumlah komunitas dan warga peduli pelestarian ikan. Acara ini sekaligus bentuk sebagai bentuk menjaga populasi ikan agar tetap terjaga.

Petugas Pengawas Kelestarian Ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Supartana mengatakan tujuan tebar benih ikan ini adalah untuk restocking jenis ikan yang ada. Hal ini untuk menghindari berkurangnya jumlah ikan khususnya di Obyek wisata Sri Gethuk.

“Iya ini untuk menjaga keseimbangan jumlah ikan di sini, untuk ikan yang ditebar khusus di Sri Gethuk ada 25.200 ikan nila dan 9.600 ikan Tawes,” ujarnya kepada wartawan.

Supartana menjelaskan wilayah yang dipilih untuk menjadi lokasi tabur benih adalah perairan yang dimungkinkan tidak akan mengering sepanjang tahun.

“Kami pilih Sri Gethuk, karena perairan di sini tidak pernah kering jadi ikan-ikan bisa dipastikan aman perkembangannya,” paparnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sri Gethuk, Sumarjuni mengaku senang dengan adanya program tebar benih ini. Sebab hal itu bisa meningkatkan daya tarik pengunjung wisatanya.

“Karena ikan di sini bisa jadi daya tarik wisatawan. Apalagi jika wisatawan melintas di sepanjang aliran sungai dan melihat banyak ikan tentu antusias mereka akan meningkat. Dan dimungkinkan bisa kembali berkunjung ke sini lagi,” ungkap Sumarjuni.

Selain di Sri Gethuk, sejumlah wilayah di Gunungkidul juga akan dilakukan acara yang serupa. Total ada 11 lokasi di lima kecamatan.

Adapun lima kecamatan itu meliputi Playen, Wonosari, Panggang, Tepus, dan Tanjungsari. Sementara untuk total keseluruhan benih ikan yang ditebar diperikarakan berjumlah 1,6 juta benih. (Susanti)

Related Post