Ribuan Benih Ikan Ditebar di Telaga Jonge

719 views

Bupati Gunungkidul, Badingah Menebar Bibit Ikan di Telaga Jonge, Desa Pacarejo, Semanu. (Foto: Bayu)


Gunungkidulpost.com – Semanu – Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul melakukan restocking benih ikan nila yang tersebar di 125 titik di Gunungkidul.

Setidaknya ada 1.500 benih ikan yang ditebar. Salah satunya di Telaga Jonge, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu Rabu, (29/3/2017).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, Qairudin malalui Pj DKP Agus Priyanto mengatakan salah satu titik menjadi sasaran untuk pengembangan pariwisata dab perikanan yakni di Telaga Jonge. Menurutnya, ditelaga tersebut pihaknya melepasan 40.000 benih ikan nila dan sisanya ditebar di 125 titik telaga dan embung.

“Ini merupakan strategi pengembangan pariwisata dan perikanan salah satunya dengan menebar jenis ikan,” katanya saat ditemui Gunungkidulpost.com.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan, dirinya akan memberika fasilitas untuk mengemas menjadi desa wisata yang menarik. Pihaknya berharap dengan menebar benih ikan ini akan mampu meningkatkan gizi keluarga.

“Tujuan utama budidaya ikan ini yakni peningkatan konsumsi ikan di masyarakat,” ujarnya.

Badingah menambahkan, konsumsi ikan di Gunungkidul masih terendah se- DIY. Sehingga Pemkab akan mendongkrak kunsumsi ikan dikalangan masyarakat.

“Gunungkidul masih terendah se-DIY untuk mengonsusi ikan. Semoga dengan cara ini masyarakat nantinya akan lebih gemar makan ikan,” bebernya.

Kepala Desa Pacarejo, Suhadi menuturkan, pemdes berani mengalokasikan anggaran untuk meningkatkan pariwisata. Telaga jonge, merupakan tempat strategis untuk dapat dikonsep menjadi destinasi wisata di Gunungkidul.

“Telaga ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Sehingga kami akan mengelola dengan sebaik mungkin demi kemajuan Telaga Jonge,” tuturnya. (Bayu)

Related Post