Belasan Ribu Pemudik Mulai Tinggalkan Gunungkidul

182 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Ribuan pemudik mulai meninggalkan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Terminal Dagsinarga Wonosari menuju Jakarta, Bandung dan kota besar lainnya.

Koordinator Terminal Dhagsinarga Wonosari Moch Edy Lestari di Gunungkidul mengatakan, ribuan pemudik Kabupaten Gunungkidul sudah meninggalkan daerah ini dari Terminal Dhagsinarga dengan puncak arus balik Lebaran 2019 yang terjadi pada Minggu (9/62019).

“Keberangkatan penumpang di Terminal Dhagsinarga, Wonosari selama Rabu (5/6) hingga Sabtu (8/6) kemarin sebanyak 12.669 orang dengan 2.579 bus,” kaya Edy saat ditemui Gunungkidulpost.com.

Ia mengatakan, arus balik 2019 ini tidak seperti tahun lalu yang terjadi keterlambatan. Menurut dia, arus balik saat ini tergolong lancar dan tak ada keterlambatan.

“Tidak ada yang terlambat dan semua bus lancar. Terlambat setengah jam hingga satu jam itu wajar tetapi kalau kemarin terakhir pemberangakatan pukul 17.00 WIB,”ucapnya.

Edy menambahkan, hari ini diberangkatkan 54 Bus reguler dan 37 bus tambahan dengan jumlah penumpang kurang lebih mencapai 3.000 orang.

“Total ada 91 armada yang diberangkatkan. Dan puncak arus balik terjadi hari ini dan kami prediksi akan meningkat,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pemudik asal Kerawang, Waridi mengatakan, pihaknya telah berlibur dikampung halaman sudah sejak beberapa hari yang lalu dan hari ini ia bersama dengan keluarga hendak pulang ke tanah rantau.

“Sudah seminggu saya berlibur disini dan hari ini kami akan kembali ke Karawang,” ucapnya.

Dia mengaku, sudah menunggu hampir satu jam di terminal. Ia beralasan menggunakan bus selain biaya murah juga lantaran belum memiliki kendaraan pribadi.

Waridi berharap tidak terjadi keterlambatan pemberangkataan.

“Alasan saya berangkat sekarang karena besok kembali kerja. Dan kami harap tidak ada keterlambatan pemberangakatan,” tuturnya.

Diperkirakan arus balik akan mengalami puncaknya pada Minggu (9/10).
Dari pantauan, ribuan warga memadati Terminal Dagsinarga Gunungkidul untuk kembali ke kota besar seperti Jakarta dan Bandung. (Bayu)

Related Post