Ribuan Pemudik Mulai Tinggalkan Gunungkidul

53 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Memasuki H+4 arus balik dari Terminal Daksinarga Wonosari Gunungkidul, terpantau ramai.

Rarusan pemudik yang hendak kembali ke rantau sudah memadati kompleks terminal sejak, Selasa (19/6/2018) sekitar pulul 11.00 WIB.

Puluhan bus AKAP pun telah disiapkan untuk melayani arus balik. Diprediksi puncak arus balik, akan terjadi mulai hari ini hingga Rabu (20/6) besok.

“Hari ini arus balik mulai ramai,” Kepala Terminal Daksinarga Wonosari, Edy Lestari.

Menurut dia, data dari terminal Dhaksinarga menunjukkan jumlah total penumoang arus balik dari hari minggu (h+1) dan hari senin (h+2) mencapai 2.377 penumpang.

“Untuk bus reguler sejumlah 60 dan bus tambahan untuk saat ini ada 10 bus dan kemungkinan akan bertambah,” terangnya.

Ia mengatakan kemacetan terjadi di jalur selatan yaitu di Bumiayu hingga Kebumen dan Purworejo.

“Agak terlambat keberangkatannya karena bus paling depan yang mengarah ke Wonosari baru sampai Purworejo, dan bus yang berangkat dari Gunugkidul pada pukul 09.00 baru sampai Bumiayu,” terangnya.

Selanjutnya ia mengatakan pada hari ini juga dilakukan ramp chek kepada bus-bus yang akan berangkat dari terminal Dhagsinarga.

“Ada beberapa item yang diperiksa pada Ramp chek meliputi kelengkapan surat-surat bus, SIM pengemudi, kelengkapan bus seperti lampu utama, lampu sein, klakson, dan lainnya,” tuturnya.

Sementara itu satu diantara penumpang bus di terminal Dhaksinarga Wisnu warga Nglipar, Gunungkidul mengatakan bus arah Cikarang yang ia tumpangi mengalami keterlambatan.

“Saya sudah stand by dari pukul 12.00 bus berangkat pukul 13.00, tetapi hingga 13.30 bus belum berangkat,” tuturnya.

Ia mengatakan untuk menghindari kemacetan ia berangkat ke Cikarang lebih awal.

“Berangkat lebih awal agar tidak terkena macet, untuk harga tiket dari Gunungkidul menuju Cikarang 350 ribu,” tutupnya. (G1)

Related Post