Ribuan Pengendara Terjaring Razia Polisi

124 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Selama 14 hari digelarnya Operasi Zebra Progo 2019 Polres Gunungkidul sebanyak 6.589 pengguna kendaraan, baik pengendara sepeda motor maupun pengemudi mobil terjaring razia.

Yang memprihatinkan, dari ribuan pelanggaran yang terjadi, mayoritas didominasi anak di bawah umur.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Anang Tri Nuviyan, mengatakan pelanggaran yang dilakukan anak-anak di bawah cukup beragam, di antaranya tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), mengendarai motor yang tidak sesuai spesifikasi (dimodifikasi) dan beberapa jenis pelanggaran lainnya.

“Selama Operasi Zebra Progo 2019 yang paling banyak ditindak anak-anak di bawah umur yakni mencapau 50 persen,” kata Anang, Rabu (6/11/2019).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang memicu meningkatnya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan anak-anak di bawah umur, di antaranya pertumbuhan kendaraan yang meningkat, serta minimnya kesadaran orang tua untuk melarang anak-anak mengendarai sepeda motor. Peran orang tua, sangat dibutuhkan agar mendidik anak-anaknya agar tidak berkendara jika kendaraan tidak dilengkapi kelengkapan motor standar hingga belum memiliki SIM.

“Kami berharap peran aktif orang tua untuk berkomunikasi dengan anak-anaknya, karena orang tua lebih sering komunikasi dengan mereka bukan dengan petugas kepolisian,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul, AKBP Agus Setiawan, mengungkapkan Operasi Zebra Progo 2019 menyasar menyasar para pengendara yang tidak mematuhi aturan berlalulintas.

“Supaya memberikan efek jera, kami menindak para pelanggar aturan. Dan berharap agar kedisiplinan masyarakat Gunungkidul dalam berkendara bisa meningkat,” paparnya. (Red)

Related Post