Ribuan Umat Kristiani Rayakan Puncak Perayaan Paskah

351 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ribuan umat Katolik di Kabupaten Gunungkidul, merayakan malam Paskah dengan melakukan misa Sabtu Suci di Gereja Katolik, Santo Petrus Kanisius Wonosari, Sabtu(30/3/2018).

Sabtu Suci atau perayaan malam Paskah merupakan bagian dari pekan suci Paskah yang dirayakan oleh umat Kristiani di seluruh dunia. Pekan suci ini diawali dengan Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Minggu Paskah.

Selain di gereja Katolik perayaan Paskah juga digelar di berbagai gereja Kristen di Gunungkidul.

Pastor Rosarius Sapto Nugroho yang memimpin perayaan misa bersama-sama ribuan umat melalui empat bagian liturgi yaitu, pertama adalah upacara cahaya, kedua upacara sabda, ketiga upacara pembaptisan, dan keempat upacara Ekaristi.

Pantauan di lokasi, misa perayaan malam Paskah atau Sabtu Suci dilaksanakan dua kali yakni misa pada pukul 18.00 WIB dan 20.00 WIB lantaran daya tampung gereja yang terbatas.

“Dengan tema ‘Tirakatan Wungu Dalam Gusti’ misa malam Paskah menggunakan Bahasa Jawa. Kami mengajak seluruh umat untuk menteladani hidup yang selalu berbagi bersama maupun cinta damai antar sesama manusia,” kata Pastor Rosarius Sapto Nugroho.

Menurut Pastor Rosarius Sapto Nugroho, malam ini tirakatan bermakna penting untuk merayakan kebangkitan Yesus.

“Maka kita ikut memperingati paskah guna bangkit dan memuliakan Tuhan sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dengan baik,” paparnya.

Pelaksanaan misa malam Paskah tersebut mendapat pengamanan ketat dari personel Kepolisian Resor (Polres) Gunungkidul, Kodim 0730 Gunungkidul, dan dibantu oleh sejumlah anggota Pol PP serta ormas.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady menuturkan, pelaksanaan misa malam Paskah berlangsung kondusif selain di Gereja Santo Petrus Kanisius, perayaan Paskah juga di gelar di GKJ Wonosari, GKJ Wiladeg, Gereja Santo Petrus dan Paulus Kelor, dan Gereja Santo Yusuf Bandung.

Selain digereja besar, perayaan Paskah juga digelar di gereja kecil / kapel. Dan semua terpantau aman dan lancar.

“Semua gereja menggelar puncak perayaan Paskah, dan sampai saat ini berjalan aman dan lancar. Kami telah menerjunkan semua personil untuk melakukan pengamanan sampai besuk pagi,” ucap AKBP Ahmad Fuady. (Heri)

Related Post