Ribuan Umat Muslim Ikuti Perayaan Idul Adha Di Alun-alun Wonosari

224 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Ribuan umat Islam di Kabupaten Gunungkidul melaksanakan sholat Idul Adha1439H di Alun-alun Wonosari, Rabu (22/8/2018) pagi.

Sebagai imam dan khatib dalam salat Idul Adha tersebut adalah H. Zamari.

Hadir dalam kegiatan Sholat Idul Adha 1439 Bupati Gunungkidul Hj.Badingah, Dandim 0730/GK Letkol Inf Muh Taufik Hanif, Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady, Penasehat Muhamadiyah Gunungkidul Drs.H Sukamto (Ketua MUI), Takmir Masjid Agung AL Ikhlas H. Zamari, Para Kadinas OPD Pemkab Gunungkidul.

Panitia Hari Besar Islam, H.Suyoto mengatakan, pelaksanaan Sholat Idul Adha 1439 H di Alun-alun Wonosari berjalan dengan lancar dan aman. Dalam kegiatan ini dihadiri ribuan jamaah yang ada di sekitar kawasan Wonosari.

Pelaksanaan Qurban tahun ini pihaknya telah menyiapkan Hewan Qurban sapi 283 dan 244 kambing.

“Gubernur DIY Sri Sultan membantu satu ekor sapi. Sedangkan dari masjid di wilayah sekolah ada 9 sapi dan 168 kambing,” katanya kepada wartawan, Rabu (22/8) pagi.

Sementara itu, H.Zamari dalam kotbahnya menyampaikan bahwa umat muslim wajib menjalankan sholat dan mau berkorban karena Alloh SWT dan Alloh menguji kepada Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail dari Alloh SWT lalu dalam mimpinya Nabi Ibrahim untuk menyembelih Ismail dari perintah Alloh dengan cara sabar dan ikhlas.

“Maka kita harus selalu menjalankan perintah-perintah Alloh dengan berdoa dan berusaha. Jangan kita menurut perintah Setan,” katanya.

Usai melakukan sholat Idul Adha dilanjutkan acara penyerahan Hewan Qurban dari Bantuan Gubenur DIY oleh Bupati Hj.Badingah.

Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuadi saat melakukan penyerahan hewan kurban berharap banyaknya hewan kurban ini bisa didistribusikan dengan tepat pada siapa yang berhak mendapatkan hewan kurban.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh umat muslim atas kerjama yang baik ini pelaksanaan Idul Adha berjalan dengan tertib dan lancar,” ucap Ahmad.

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan kurban merupakan wujud ketaqwaan, ia berharap dengan berkorban bisa menambah keimanan dan ketaqwaan kepada allah utamanya dalam kehidupan bermasyarakat.

“Ini adalah hubungan antara allah dengan manusi dan hubungan manusia dengan manusia, masyarakat yang beragama Islam yang sudah berkurban agar didistribusikan merata kepada masyarakat sekitar,” tuturnya.

Ia berpesan agar dapat mencontoh kesabaran dan keiklasan dari nabi Ibrahim, serta merupakan momentum pembelajaran kita bersama agar senantiasa bersyukur dan iklas

Penyembelihan hewan kurban yang digelar di Masjid Agung Al Ikhlas berjumlah 7 Sapi dan 2 Kambing. (G1)

Related Post