Ribuan Warga Ramaikan Tradisi Babad Dalan Desa Sodo

140 views

Gunungkidulpost.com – Paliyan –
Kabupaten Gunungkidul menyuguhkan tradisi adat Babad Dalan Desa Sodo 2019 yang digelara mengelilingi desa setempat, Jumat (14/6/2019).

Untuk diketahui, Babad Dalan Desa Sodo adalah upacara adat yang diwariskan secara turun-temurun yang biasanya dilaksanakan pada hari Jumat. Tujuan dari upacara ini adalah menghormati dan mengingat warisan budaya leluhur.

Acara yang berlangsung mulai pukul 13.00 WIB tersebut diikuti oleh berbagai kelompok seni dan masyarakat Desa Sodo.

Tradisi rutin yang sudah turun temurun di selenggarakan tiap tahun sekali namun untuk tepatnya di bulan apa itu berdasarkan kesepakatan dari sesepuh jaman dahulu yang jelas pada Jum’at Kliwon pada penanggalan jawa khususnya setelah masa panen raya Babad dalan ini digelar.

Beben warga Dusun Pelem Gede, Desa Sodo, mengatakan hampir tiap tahun mengikuti dan menyaksikan tradisi Babad dalan Sodo.

“Sebagai wujud rasa menghormati tokoh sekaligus penyebar ajaran Islam di daerah sini pada jaman dulu yaitu Ki Ageng Giring akhirnya tradisi budaya ini terus digelar dan dilestarikan oleh warga hingga turun temurun,” katanya.

Sementara penonton lain Martin warga dusun Tambakrejo, Desa Sodo juga mengiyakan, upacara tradisi ini semoga lestari sampai kapanpun.

“Makna tradisi ini supaya kita lebih mendekatkan diri dan banyak bersyukur atas karunia dan limpahan hasil bumi yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya saat ditemui wartawan. (Dwi)

Related Post