RTH Digadang Jadi Awal Kebangkitan Pariwisata

30 views

Gunungkidulpost.com – Paliyan – Telan dana hingga ratusan juta rupiah, pembangunaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Desa Pampang, Kecamatan Paliyan digadang-gadang akan menjadi awal kebangkitan sektor pariwisata di Desa Pampang, Kecamatan Paliyan.

Kepala Desa Pampang Iswandi memaparkan, pembangunan RTH tersebut memakan dana awal mencapai Rp 200 juta yang bersumber dari Dinas Pariwisata Provinsi dan Kementrian Pariwisata.

“Selain itu, pembangunan RTH masih ditambah dari APBDes Pampang sebesar Rp 50 juta,” kata Iswandi, Minggu, (07/10).

Iswandi menjelaskan, RTH dibangun dalam bentuk bumi perkemahan yang akan dijadikan tempat perkemahan dan juga disediakan tempat khusus bagi para wisatawan.

“Untuk proses pembangunan baru berjalan setengahnya,” katanya.

Tempat yang disediakan khusus untuk untuk wisatawan tentu ada perbedaan, seperti luasan lahan yang lebih luas dibandingkan dengan bumi perkemahan untuk pelajar. Selain itu juga akan disediakan fasilitas wifi.

Menurut Iswandi, tempat ini akan sangat menarik dengan pemandangan alam yang memang bagus. Dengan memanfaatkan media sosial, wisata ini akan menyasar wisatawan hingga luar daerah Gunungkidul bahkan wisatawan mancanegara.

“Tidak hanya bumi perkemahan tetapi diarea ini akan dibangun pasar kuliner khas Desa Pampang, sehingga wisatawan dapat menikmati sajian khas Desa Pampang,” tambahnya.

Meskipun saat ini pembangunan belum sepenuhnya selesai tetapi RTH sudah dapat dimanfaatkan. Pihak desa juga belum memberikan penarikan khusus bagi para pengunjung.

“Saat sore hari, sudah mulai ramai pengunjung, karena fasilitas yang dibangun sudah berfungsi dan dapat digunakan,” katanya.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul, Agus Priyanto mengatakan, pihaknya mengapresiasi penataan RTH di Desa Pampang.

“Kondisi alam Desa Pampang yang asri merupakan buah dari semangat masyarakat menjaga kebersihan lingkungan,” kata Agus. (Santi)

Related Post