Rumah Warga Amblas, Pak Sunar Rugi Ratusan Juta

211 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Amblasnya tanah disekitaran sungai yang ada di Padukuhan Sumberejo, Desa Ngawu, Kecamatan Playen membuat rumah Sunar pemilik Bengkel Playen Motor mengalami kerusakan berat.

Kondisi inipun akhirnya memaksa Sunar harus meninggalkan untuk sementara. Tidak hanya rumah yang mengalami kerusakan, pagar bumi sepanjang 30 meter dengan tinggi 2 meter juga mengalami kerusakan cukup berat.

Kepala Bagian Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Playen, Suyanto menyampaikan, terjadinya tanah amblas diduga karena gerusan arus sungai yang berada tepat disamping pemukiman warga.

“Debit air sungai meningkat akibat hujan deras yang terjadi beberapa waktu lalu menggerus tanah yang ada disamping sungai,” kata Suyanto, Rabu, (20/3/2019).

Suyanto mengatakan, rumah mengalami retak cukup lebar dibagian dinding. Lantai terbelah karena tanah amblas kurang lebih 1 meter.

Saat ini baru satu rumah yang mengalami kerusakan. Sementara bangunan lainya disamping sungai belum ada yang dilaporkan rusak.

“Atas kejadian ini, kerugian perkirakan mencapai 150 juta rupiah,” tutupnya. (Santi)

Related Post