Rumput Odot Jadi Idola Peternak Sapi

408 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dimusim kemarau, para peternak sapi mulai mengalami krisis pakan.

Namun tidak halnya dengan para peternak di Desa Karangtengah, Kecamatan Wonosari. Pasalnya disaat wilayah lain kekurangan pakan ternak, petani justru panen rumput odot pada Selasa, (7/8).

Kepala Dinas Pertanian DIY, Ir. Sasongko menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi para petani penanam rumput odot.

“Dengan penanaman rumput odot ini akan sangat membantu para peternak sapi yang ada di Gunungkidul yang merupakan sentra ternak sapi,” katanya.

Menurut Sasongko, hal ini sangat berpotensi sebagai upaya mengatasi kekurangan pakan ternak. Karena dalam satu hektar bisa dipanen berkisar 300 ton rumput.

“Rumput odot mempunyai karakteristik yang berbeda dengan rumput lain seperti rumput gajah, karena mempunyai umur yang pendek 1-2 bulan bisa dipanen,” jelasnya.

Selain itu rumput odot mempunyai kadar protein yang tinggi, sehingga ternak dapat lebih cepat menjadi gemuk dan lebih besar.

Dengan adanya panen rumput jenis odot ini dapat meringankan beban para peternak sapi. Karena jika harus membeli tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Bambang Wisno Broto mengatakan, karakteristik rumput odot lebih lunak sehingga lebih mudah dicerna oleh sapi.

“Batang rumputnya lebih empuk, protein lebih tinggi sehingga mempercepat perkembangan berat sapi,” katanya.

Dikatakan Bambang, memang ada beberapa daerah yang mengalami kesulitan mendapatkan pakan ternak, terutama di daerah kota Wonosari.

“Di Wonosari tidak ada lahan untuk menanam rumput seperti ini sehingga mereka harus membeli pakan ternak,” tutupnya. (Santi)

Related Post